Ada pepatah “pelanggan adalah raja”. Di era globalisasi sekarang yang terjadi adalah, jika konsumen adalah raja, maka industri adalah Kasparov. Saat ini boleh saja konsumen dimanjakan oleh banyaknya produk dengan kualitas yang terbaik, tapi pada dasarnya merekalah yang dikendalikan oleh produsen agar terus membeli produk mereka berapapun harganya.

Di eropa sana, sepakbola telah menjelma menjadi industri raksasa yang sangat kokoh. Sepakbola berhasil membuat orang asia terkena sindrom insomnia parah, bangun tengah malam, begadang sampai subuh hanya untuk melihat tim favoritnya bertanding melalui televisi. Jutaan euro mereka terima dari penjualan kaos bertuliskan nama dan nomor di punggung. Dan mafiapun kerap terlibat dalam hal pengaturan skor demi uang judi bernilai jutaan poundsterling.

Memang sepakbola yang professional adalah salah satu industri yang menggiurkan dan sebenarnya jika Indonesia dapat meniru sedikit saja ke-profesionalan dari negara yang telah maju sepakbolanya maka beberapa masalah mendasar dalam negeri dapat teratasi.......more

top